SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : Matematika Dasar
Kode Mata Kuliah : GK-102
Sks : 3
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mengkaji tentang logika matematika: penalaran secara induktif dan deduktif; persamaan dan pertidaksamaan: persamaan linier dan kuadrat serta pertidaksamaan linier dan kuadrat; himpunan, relasi dan fungsi: himpunan dan jenis-jenisnya, relasi dan sifat-sifatnya, operasi himpunan dan sifat-sifatnya, persamaan garis, fungsi dan grafiknya; Geometri dan geometri transformasi: titik, garis, bidang, sudut, transversal, kurva, simetri; permutasi, kombinasi dan peluang; pengelolaan data: penyajian data, ukuran tendensi pusat, ukuran sebaran; pemecahan masalah: masalah dalam matematika dan langkah-langkah pemecahan masalah.
Kompetensi Prasyarat : 1.
2.
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah tentang konsep-konsep dasar matematika sebagai bekal dalam mengajarkan matematika di sekolah dasar.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
| ||
TEORI
|
PRAKTIK
|
LAPANGAN
| |||||
1.1 Menggunakan Logika Matematika dalam memecahkan masalah matematika. |
· Menggunakan penalaran secara induktif atau deduktif dalam memecahkan masalah matematika
· Menyelesaikan masalah-masalah matematika dengan menggunakan logika deduktif.
|
Logika Matematika :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.2 Menyelesaikan soal-soal tentang persamaan dan pertidaksamaan
|
· Menyelesaikan soal-soal matematika tentang persamaan linear.
· Menyelesaikan soal-soal matematika tentang pertidaksamaan linear.
· Menyelesaikan soal-soal matematika tentang persamaan Kuadrat.
· Menyelesaikan soal-soal matematika tentang pertidaksamaan kuadrat.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.3 Menyelesaikan soal-soal tentang himpunan, relasi dan fungsi
|
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang himpunan.
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang relasi dan sifat-sifatnya
· Menentukan persmaan garis.
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang fungsi dan grafiknya
|
Himpunan, relasi dan fungsi :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.4 Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang geometri dan geometri transformasi.
|
· Menjelaskan konsep-konsep dasar geometri.
· Menjelaskan konsep-komsep dasar geometri transformasi.
|
Geometri dan Geometri Transformasi :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.5 Menjelaskan masalah-masalah sederhana tentang permutasi, kombinasi, dan peluang.
|
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang permutasi.
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang kombinasi
· Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang peluang
|
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.6 Menyelesaikan masalah-masalah tentang pengolahan data.
|
· Menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menentukan ukuran tendensi pusat dan sebaran suatu data.
|
Pengelolaan Data :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
| |||
1.7 Menggunakan teknis pemecahan masalah dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika.
|
· Menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika
|
Pemecahan Masalah :
|
6 x 50’
|
Diktat Matematika Dasar
|
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : PENDIDIKAN MATEMATIKA DI KELAS RENDAH
Kode Mata Kuliah : GK-303
Sks : 3
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mengkaji tentang teori-teori belajar matematika; media pembelajaran matematika: pengertian dan fungsi media,jenis-jenis media, simulasi penggunaan alat peraga; bilangan dan lambang bilangan: sistem bilangan, nilai tempat, Pembelajaran Bilangan dan Lambang Bilangan di Sekolah, basis; bilangan cacah: konsep bilangan cacah, operasi pada bilangan cacah, pembelajaran bilangan cacah di sekolah dasar; bilangan bulat: operasi pada bilangan bulat, pembelajaran bilangan bulat di sekolah dasar.
Kompetensi Prasyarat : 1.
2.
Standar Kompetensi : menerapkan teori-teori belajar dan menggunakan media sederhana dalam pembelaaran matematika di
sekolah dasar serta menjelaskan cara pembelajaran bilangan.
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
| ||
TEORI
|
PRAKTIK
|
LAPANGAN
| |||||
1
|
1.1 Menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
|
· Membedakan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika disekolah dasar
· Menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
|
Teori-Teori Belajar :
· Teori-teori belajar matematika
|
3 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika I
| |
2
|
1.2 Menggunakan media sederhana dalam pemebelajaran matematika di sekolah dasar
|
· Mengenal beberapa media sederhana dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
· Menggunakan media sederhana dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
|
Media Pembelajaran Matematika :
· Pengertian dan fungsi media
· Jenis-jenis media
· Simulasi penggunaan alat peraga
|
6 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika I
| |
3
|
1.3 Membedakan bilangan dan lambang-lambang bilangannya.
|
· Mengenal bebersapa sistem bilangan
· Melambangkan bilangan dalam sistem bilangan
· Merubah bilangan basis-10 kedalam basis lainnya dan sebaliknya
|
Bilangan dan Lambang Bilangan :
· Sistem Bilangan
· Nilai Tempat
· Pembelajaran Bilangan dan Lambang Bilangan di Sekolah Dasar
· Basis
|
6 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika I
| |
4
|
1.4 Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan Cacah dan cara pembelajar-annya di sekolah dasar
|
· Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan cacah
· Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran bilangan Cacah di sekolah dasar.
|
Bilangan Cacah :
· Konsep Bilangan Cacah
· Operasi Pada Bilangan Cacah
· Pembelajaran Bilangan Cacah di sekolah dasar.
|
6 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika I
| |
5
|
1.5 Menjelaskan sifat-sifat operasi bilnagan Bulat dan cara pembelajar-annya di sekolah dasar
|
· Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan Bulat
· Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran bilangan Bulat di sekolah dasar.
|
Bilangan Bulat :
· Konsep Bilangan Bulat
· Operasi Pada Bilangan Bulat
· Pembelajaran Bilangan Bulat di sekolah dasar.
|
6 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika I
|
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : PENDIDIKAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI
Kode Mata Kuliah : GK-403
Sks : 3
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang Bangun-bangun Datar: segitiga, segi-4, segi banyak, lingkaran, langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar; Bangun-bangun Ruang: kubus, balok, limas, prisma, tabung, kerucut, bola, langkah-langkah pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar; Faktor dan Kelipatan: konsep faktor dan kelipatan, FPB dan KPK, langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK di sekolah dasar; Pecahan, Perbandingan dan Skala: konsep pecahan, operasi pecahan, pecahan desimal dan operasinya, persen, bentuk baku, perbandingan, skala, langkah-langkah pembelajaran pecahan, perbandingan dan skala di sekolah dasar.
Kompetensi Prasyarat: Pendidikan Matematika di Kelas Rendah
Standar Kompetensi : menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar; bangun-bangun ruang; faktor dan kelipatan; pecahan, perbandingan dan skala; serta pembelajarannya di sekolah dasar .
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
| ||
TEORI
|
PRAKTIK
|
LAPANGAN
| |||||
1
|
1.6 Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar dan cara pembelajarannya di sekolah dasar.
|
· Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar
· Menjelaskan cara pembelajaran bangun-bangun datar di sekolah dasar
|
Bangun-bangun Datar:
· Segitiga
· Segi-4
· Segi Banyak
· Lingkaran
· Langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar
|
6 x 50’
|
6 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika II
| |
2
|
1.7 Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun ruang dan cara pembelajarannya di sekolah dasar.
|
· Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun ruang
· Menjelaskan cara pembelajaran bangun-bangun ruang di sekolah dasar
|
Bangun-bangun Ruang :
· Kubus
· Balok
· Limas
· Prisma
· Tabung
· Kerucut
· Bola
· Langkah-langkah pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar
|
6 x 50’
|
6 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika II
| |
3
|
1.8 Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang faktor dan kelipatan serta cara pembelajarannya di sekolah dasar.
|
· Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang faktor dan kelipatan
· Menentukan FPB dan KPK dari beberapa bilangan
· Menjelaskan cara pembelajaran faktor dan kelipatan di sekolah dasar
|
Fantor dan Kelipatan :
· Konsep Faktor dan Kelipatan
· FPB dan KPK
· Langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK di sekolah dasar
|
6 x 50’
|
3 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika II
| |
4
|
1.9 Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang pecahan, perbandingan dan skala serta cara pembelajarannya di sekolah dasar.
|
· Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang Pecahan dan operasinya
· Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran Pecahan di sekolah dasar
· Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang perbandingan dan skala
· Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran perbandingan dan skala di sekolah dasar
|
Pecahan, Perbandingan dan Skala:
· Konsep Pecahan
· Operasi Pecahan
· Pecahan Desimal dan operasinya
· Persen
· Bentuk Baku
· Perbandingan
· Skala
· Langkah-langkah pembelajaran Pecahan, Perbandingan dan Skala di sekolah dasar
|
6 x 50’
|
6 x 50’
|
Diktat Pendidikan Matematika II
|
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : Model Pembelajaran Matematika di SD
Kode Mata Kuliah : GK-502
SKS : 2
Deskripsi Mata Kuliah : Model-model dan metode pembelajaran (CTL, kooperatif, inquiri, dan games, dll).
Kompetensi Prasyarat : -
Stantar Kompetensi : Mahasiswa menerapkan model pembelajaran CTL. Kooperatif, Inquiri, dan games.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
| ||
Teori
|
Praktek
|
Lapangan
| |||||
1.
|
Menerapkan CTL
|
1. Menjelaskan pengertian CTL
2. Mendeskripsikan tuntutan CTL
3. Menyimpulkan komponen CTL
|
|
50
|
50
|
Lie, A.2002 . Cooperatif
Learning mempraktekkan kooperatif learning.di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.
Nurhadi.. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta:
. Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia.
| |
2.
|
Menerapkan CTL
|
4. Mempraktekkan CTL
5. Menyimpulkan ciri kelas yang menerapkan CTL
|
4. Cara
mempraktekkan
CTL.
5. Ciri kelas yang
menerapkan CTL
|
50
|
50
|
SDA
| |
3.
|
Menguasai model Kooperatif
|
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
4.
|
Mempraktekkan STAD
|
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
5,
|
Mempraktekkan Jigsaw
|
3. Menerapkan Jigsaw
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
6,
|
Menerpkan Model Group Investagation
|
1. Menguraika pengertian Jigsaw.
2. menjelaskan langkah-langkah
GI
3. Menerapkan GI
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
7.
|
Menerapkan Model Struktural
|
1. Menguraika pengertian
Struktural.
2. menjelaskan langkah-langkah
Struktural
3. Menerapkan Struktural
|
1. Pengertian struktural.
2. langkah-langkah
struktural
3. Cara menerapkan
struktural..
|
50
|
50
|
SDA
| |
8.
|
Menerapkan Model Inkuiri
|
|
Inkuiri
Inkuiri.
|
50
|
50
|
SDA
| |
9.
|
Menerapkan Model
Inkuiri
|
1. Menghubungkan inkuiri dengan
berpikir kritis.
2. Menyimpulkan keunggulan inkuiri
|
1. Hubungan inkuiri
dengan berpikir kritis.
2. Keunggulan inkuiri.
3. Kelemahan inkuiri
|
50
|
50
|
SDA
| |
10
|
Menerapkan Pembelajaran kreatif dan produktif
|
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
11.
|
Menerapkan konstruktivisme
|
|
|
50
|
50
|
Pannen dkk.2005. Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Pusat antaruniversitas.
Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP
| |
12
|
Menerapkan Konstruktivisme
|
konstruktivisme terhadap
Pembelajaran.
2.. Penerapan konstruktivisme.
|
1. Pengaruh
konstruktivisme
terhadap
pembelajaran.
2. Cara menerapkan
konstruktivisme.
|
50
|
50
|
SDA
| |
13
|
Penerapan model games
|
1, Menjelaskan pengertian games.
2. Menguraikan keunggulan games.
|
|
50
|
50
|
SDA
| |
14
|
Penerapan model games
|
3.Menguraikan jenis-jenis games
4. Menerapkan games
|
|
50
|
50
|
SDA
|
trimakasih telah berbagi ilmu pengetahuan nya pak semoga sukses slalu ( ERI SATRIA )
BalasHapusyg semester 3 yg mana?
BalasHapus