DESKRIPSI MATA KULIAH S-1 PGSD GURU KELAS
FKIP UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2011
|     UNJ101  |        Pendidikan   Agama  |   
|     Bahwa mata kuliah agama Islam merupakan kelompok mata   kuliah umum (MKU) wajib universitas, di mana materi yang diberikan berkaitan   dengan upaya menjadikan ajaran Islam sebagai sumber nilai dan pedoman dalam   pengembangan profesi dan kepribadian Islami dan upaya membina mahasiswa yang   beriman, bertakwa, berilmu dan beramal serta berakhlak mulia.  |   |
|     UNJ102  |        Pendidikan   Kewarganegaraan  |   
|     Sama   dengan program studi lain  |   |
|     UNJ201  |        Bahasa   Indonesia  |   
|     Mata kuliah ini mempelajari penggunaan bahasa Indonesia   yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam penulisan   karya ilmiah, seperti makalah dan skripsi  |   |
|     UNJ202  |        Bahasa   Inggris  |   
|     The course coded UNJ 202 is a general English   lesson for false beginners. The general aim of the course is to provide   university students with training in highly frequent functions and situations   of English usage. The course has clearly defined and limited grammatical   syllabus. New language is presented thoroughly in measured amount, and in a   logical order. Vocabulary has been selected carefully to avoid overloading.   There are many highly controlled practice activities which give beginners the   confidence they need to proceed. There is also some simple skills work, which   incorporates manageable communicative activities despite the low level. The   final section of each unit is everyday English, which deals with common   situations, functions and survival English.   |   
|     KIP101  |        Pengantar   Pendidikan  |   
|     Memahami   latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar   anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya .  |   |
|     KIP102  |        Perkembangan   Peserta Didik  |   
|     Memahamai   karakteristik anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal   dan kelas lanjut)  |   |
|     KIP201  |        Belajar   dan Pembelajaran  |   
|     Memahami   cara belajar dan kesulitan belajar anak usia SD dalam penggalan kelompok usia   tertentu (kelas awal dan kelas lanjut); berkomunikasi secara efektif dengan   orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat.  |   |
|     KIP202  |        Profesi   Kependidikan  |   
|     Mengkaji   berbagai kemampuan profesional dan cara pengembangannya secara berkelanjutan  |   |
|     GK301  |        Psikologi   Pendidikan  |   
|     Mata kuliah Psikologi Pendidikan merupakan salah satu   mata kuliah wajib dalam rumpun mata kuliah keahlian berkarya (MKB). Materi   pembahasan meliputi pengertian Psikologi Pendidikan, proses pertumbuhan dan   perkembangan dan hubungannya dengan proses belajar, pentingnya kesehatan   rohani dalam belajar, peranan kecerdasan dan perbedaan individual, hakikat   belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, prinsip-prinsip belajar,   belajar cognitive, efektif dan   psikomotor, transfer dalam belajar, hasil belajarnya dalam pengajaran, serta   implikasinya dalam proses pembelajaran.  |   |
|     GK401  |        Manajemen   Kelas  |   
|     Mata kuliah manajemen kelas merupakan salah satu mata   kuliah keahlian berkarya  (MKB) yang   wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang   prinsip-prinsip, aspek, fungsi dan masalah manajemen kelas , upaya menciptakan   kelas yang nyaman dan  menyenangkan ,   serta menggunakan pendekatan-pendekatan dalam manajemen kelas, prosedur   manajemen kelas, merancang prosedur manajemen berdasarkan kondisi dan situasi   belajar-mengajar, faktor disiplin dalam pembelajaran , prinsip, tahapan dan   jenis-jenis gangguan disiplin kelas dan pengelolaan kelas dengan menggunakan   keterampilan mengajar. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk   meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta menerapkan prinsip   pengelolaan kelas yang menyenangkan, kondusif dan kreatif dalam proses   belajar-mengajar.  |   
|     GK101  |        Peningkatan   Keterampilan Berbahasa Indonesia  |   
|     Mata kuliah ini berfungsi untuk meningkatkan penguasaan   substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung   pembelajaran bahasa Indonesia SD serta keterampilan berbahasa Indonesia calon   guru Sekolah Dasar. Aspek-aspek yang dipelajari meliputi hakikat bahasa dan   teori pemerolehan bahasa; sejarah, kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa   Indonesia; dasar-dasar kaidah kebahasaan bahasa Indonesia sebagai rujukan   penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar;  keterampilan berbahasa yang dikembangkan   meliputi: menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.  |   |
|     GK201  |        Peningkatan   Keterampilan Bersastra Indonesia  |   
|     Mata kuliah ini berfungsi untuk meningkatkan penguasaan   substansi dan metodologi keilmuan sastra dan keterampilan bersastra Indonesia   calon guru Sekolah Dasar. Aspek-aspek yang dipelajari meliputi sejarah,   teori, dan genre sastra Indonesia; genre sastra anak; serta keterampilan   mengapresiasi karya sastra untuk anak-anak, baik secara reseptif, maupun   produktif.  |   |
|     GK302  |        Pendidikan   Bhs. dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah  |   
|     Mata kuliah ini merupakan pendahuluan metode   pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan fokus perkuliahan pada   strategi pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas-kelas rendah   Sekolah Dasar (kelas 1 dan 2)  |   |
|     GK402  |        Pendidikan   Bhs. dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi  |   
|     Mata kuliah ini mempelajari strategi pembelajaran   bahasa Indonesia di kelas-kelas tinggi Sekolah Dasar (kelas 3 s.d. 6)  yang meliputi strategi meningkatkan   perkembangan bahasa lisan dan tulis  |   |
|     GK501  |        Model   Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD  |   
|     Mata kuliah mengkaji model-model dan metode   pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (CTL, kooperatif,   inquiri,  dan games, dll).  |   |
|     GK102  |        Matematika   Dasar 1  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang logika   matematika: penalaran secara induktif dan deduktif; persamaan dan   pertidaksamaan: persamaan linier dan kuadrat serta pertidaksamaan linier dan   kuadrat; himpunan, relasi dan fungsi: himpunan dan jenis-jenisnya, relasi dan   sifat-sifatnya, operasi himpunan dan sifat-sifatnya, persamaan garis, fungsi   dan grafiknya;   |   |
|     GK202  |        Matematika   Dasar 2  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang Geometri   dan geometri transformasi: titik, garis, bidang, sudut, transversal, kurva,   simetri; permutasi, kombinasi dan peluang; pengelolaan data: penyajian data,   ukuran tendensi pusat, ukuran sebaran; pemecahan masalah: masalah dalam   matematika dan langkah-langkah pemecahan masalah.  |   |
|     GK303  |        Pendidikan   Matematika 1  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang   teori-teori belajar matematika; media pembelajaran matematika: pengertian dan   fungsi media, jenis-jenis media, simulasi penggunaan alat peraga; bilangan   dan lambang bilangan: sistem bilangan, nilai tempat, Pembelajaran Bilangan   dan Lambang Bilangan di Sekolah, basis; bilangan cacah: konsep bilangan   cacah, operasi pada bilangan cacah, pembelajaran bilangan cacah di sekolah   dasar; bilangan bulat: operasi pada bilangan bulat, pembelajaran bilangan   bulat di sekolah dasar.  |   |
|     GK403  |        Pendidikan   Matematika 2  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang   Bangun-bangun Datar: segitiga, segi-4, segi banyak, lingkaran,   langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar; Bangun-bangun   Ruang: kubus, balok, limas, prisma, tabung, kerucut, bola, langkah-langkah   pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar; Faktor dan Kelipatan: konsep   faktor dan kelipatan, FPB dan KPK, langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK   di sekolah dasar; Pecahan, Perbandingan dan Skala: konsep pecahan, operasi   pecahan, pecahan desimal dan operasinya, persen, bentuk baku, perbandingan,   skala, langkah-langkah pembelajaran pecahan, perbandingan dan skala di   sekolah dasar.  |   |
|     GK502  |        Pendidikan Matematika 3  |   
|     GK509  |        Model   Pembelajaran Matematika di SD  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang   pengertian model pembelajaran secara umum, jenis-jenis model pembelajaran,   model-model pembelajaran dengan langkah-langkah dalam penerapannya: model   pencapaian konsep, pertemuan kelas, investigasi kelompok, latihan   laboratoris, dua tinggal dua tamu, kepala bernomor, STAD, think pair   share/square, bertukar pasangan, jigsaw, PBI, example and non example,  dan talking stick.  |   |
|     GK103  |        Konsep   Dasar Sains di Sekolah Dasar 1  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar   sains yang terdiri dari pengukuran, panjang, luas, volume berat, suhu,   bentuk-bentuk energi dan perubahannya, sifat-sifat udara, keanekaragaman   makhluk hidup, klasifikasi tumbuhan, Materi tersebut dikonkritkan dengan   pembuktian teori secara sederhana.  |   |
|     GK203  |        Konsep   Dasar Sains di Sekolah Dasar 2  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar   sains yang terdiri dari klasifikasi hewan, kesehatan, gizi, klasifikasi   penyakit menular, ekosistem, materi dan perubahannya. Materi tersebut dikonkretkan   dengan pembuktian teori secara sederhana.  |   |
|     GK304  |        Sain   Terapan  |   
|     Mata kuliah ini membahas fermentasi, pembuatan obat   gosok, filtrasi air, penggunaan Hidroponik, reproduksi tumbuh-tumbuhan,   pengawetan dengan teknologi sederhana.  |   |
|     GK404  |        Media   Pembelajaran Sain di SD  |   
|     Dalam mata kuliah ini dibahas tentang hakikat media   pengajaran sains, sumber belajar sains, merancang media pembelajaran sains,   membuat alat media sains secara sederhana, menggunakan sumber laboratorium   sains.  |   |
|     GK503  |        Model   Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat sains, hakikat   belajar sains, berbagai pendekatan pembelajaran sains, merancang program   pengajaran sains, pembelajaran terpadu, keterampilan mengajar sains, mengkaji   asesmen dalam pembelajaran sains, menganalisis kurikulum sains di SD serta   terlatih menerapkannya.  |   |
|     GK305  |        PPKN   di Sekolah Dasar 1  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman,   pengembangan, dan pelestarian nilai-nilai, moral dan norma bangsa Indonesia   dengan pemberian wawasan secara komprehensif.  |   |
|     GK405  |        PPKN   di Sekolah Dasar 2  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, fungsi,   tujuan, materi dan pembelajaran PKN SD serta misi yang diemban oleh   pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar.  |   |
|     GK504  |        Model   Pembelajaran PKn di SD  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji model-model pembelajaran yang   relevan dengan PKN SD ( model pengungkapan nilai, model analisis nilai, model   pengembangan kognitif moral, model tindakan sosial, model konsiderasi,   inkuiri nilai dsb ) serta membantu mahasiswa mengaplikasinya dalam proses   belajar mengajar pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar.  |   |
|     GK104  |        Konsep   Dasar IPS 1  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengetahuan   sosial yang bersumber dari ilmu geografi, ekonomi, sejarah, politik, hukum,   psikologi sosial, sosiologi dan antropologi.  |   |
|     GK204  |        Konsep   Dasar IPS 2  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar isu-isu global   dalam konsep perspektif global dari visi ilmu sosial  dan ilmu terkait dalam proses pembelajar   IPS SD.  |   |
|     GK306  |        Pendidikan   IPS di SD  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji hakikat, isi, dan pendekatan   pendidikan IPS di SD serta mahasiswa mampu menyusun persiapan mengajar untuk   diaplikasikan dalam pembelajaran IPS di SD kelas rendah dan kelas tinggi.  |   |
|     GK407  |        Model   Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah ini mengkaji model-model pembelajaran IPS   SD yang relevan dengan materi pembelajaran IPS SD dan mahasiswa   mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPS SD di kelas rendah dan kelas   tinggi.    |   |
|     GK405  |        Pendidikan   Musik  Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah   ini membahas tentang unsur-unsur musik secara umum yang akan diterapkan dalam   praktik bermain musik, baik dalam musik vokal maupun musik instrumen, sesuai   dengan konsep pembelajaran seni di SD.  |   |
|     GK505  |        Pendidikan   Seni Gerak Tari di SD  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur seni gerak   tari di sekolah dasar  |   |
|     GK601  |        Pendidikan   Seni Rupa dan Kerajinan Anak  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur seni rupa   dan kerajinan anak di sekolah dasar.  |   |
|     GK307  |        Pendidikan   Jasmani dan Kesehatan  |   
|     Mahasiswa dapat mengetahui, menjelaskan dan   menerapkan  hakikat, tujuan dan ruang   lingkup kesehatan olahraga  |   |
|     GK506  |        Olah   Raga Pilihan  |   
|     Dalam mata   kuliah ini akan dibahas tentang sejarah, tujuan dan ide bermain sepak   bola,teknik dasar bermain sepak bola, dan peraturan permainan  |   |
|     GK602  |        Kepramukaan  |   
|     Mata kuliah ini kmd pramuka, untuk dapat membina   pramuka pada perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan   rencana pendega  |   |
|     GK701  |        PPPK/Palang   Merah  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang materi, prosedur, dan   pelaksanaan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) dan palang merah  |   |
|     GK603  |        Tari   Melayu Jambi  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur tari   Melayu Jambi  |   |
|     GK702  |        Musik   Tradisional Jambi  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur musik   tradisional Jambi  |   |
|     GK703  |        Pengenalan   Adat Melayu Jambi  |   
|     Mata kuliah ini membahas tentang adat Melayu Jambi   sebagai pengenalan dan pembelakalan dalam bermasyarakat di daerah Jambi.   |   |
|     GK704  |        Pendidikan   Agama di Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah Pendidikan agama islam di SD merupakan   kelompok mata kuliah keahlian keilmuan (MKK)    yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini   membahas tentang konsep dan nilai-nilai    dan praktek ritual sosial keagamaan    berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis ke dalam lingkungan keluarga, sekolah   dan masyarakat  |   |
|     GK705  |        Bahasa   Inggris Sekolah Dasar  |   
|     The general aim of the   course is to provide primary school teacher candidates with highly frequent   functions and situations of English usage in primary schools. The course   contains limited grammatical syllabus. New language is presented thoroughly   in measured amount, and in a logical order. Vocabulary is selected carefully   to avoid overloading. There is some simple skills work, which incorporates   manageable communicative activities. The final section of each unit is   everyday English, which deals with common situations, functions and survival   English.   |   |
|     GK604  |        Model   Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD  |   
|     Dalam mata   kuliah ini mahasiswa dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi   pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar. Cakupan materi meliputi   konsep-konsep dan latar belakang pembelajaran tematik, berlatih untuk membuat   pemetaan kompetensi dasar, jaringan tematik, silabus tematik, rencana   pelaksanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik   pada kelas awal Sekolah Dasar.  |   |
|     GK507  |        Bimbangan   di Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah Bimbingan Di Sekolah Dasar merupakan salah   satu mata kuliah keahlian keilmuan    (MKK) yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini   membahas tentang konsep latar belakang Bimbingan  di SD, pola pelaksanaan bimbingan di SD,   masalah siswa SD, usaha memecahkan masalah, jenis-jenis layanan bimbingan di   SD serta kegiatan-kegiatan pendukung pelaksanaan bimbingan.  |   |
|     GK406  |        Pengembangan   Kurikulum Sekolah Dasar  |   
|     Mata kuliah pengembangan kurikulum sekolah dasar   membahas tentang hakekat/konsep dasar pengembangan kurikulum, perkembangan   kurikulum SD di Indonesia serta pengembangan kurikulum SD sesuai dengan minat   murid.  |   |
|     GK606  |        Evaluasi   / Assesmen Pembelajaran  |   
|     Mata kuliah evaluasi dan assesmen  pembelajaran merupakan salah satu mata   kuliah keahlian keilmuan  (MKK) yang   wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang   konsep evaluasi dan assasmen, pengembangan iinstrumen dan aplikasinya dalam   proses belajar mengajar di SD.  |   |
|     GK605  |        Statistika Dasar  |   
|     GK607  |        Metodologi   Penelitian  |   
|     Mata kuliah   ini dipersiapkan untuk membekali mereka dengan apa, kenapa dan bagaimana   melaksanakan penelitian ilmiah. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara   umum berisikan teori yang melandasi penelitian ilmiah, manfaat penelitian   dalam pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas pendidikan dan   pengembangan kurikulum metode pembelajaran. Mata kuliah ini juga dilengkapi   dengan materi tentang penulisan proposal dan pelaporan penelitian   ilmiah.    |   |
|     GK 801  |        Skripsi  |   
|     Mata   kuliah ini membahasa perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian,   penulisan laporan penelitian dengan menggunakan teknik penulisan ilmiah;   mempertanggung-jawabkan usulan/rancangan/proposal penelitian dalam forum   seminar dan laporan penelitian dalam sidang ujian skripsi  |   |
|     GK608  |        Penelitian   Tindakan Kelas I  |   
|     Mata kuliah   ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka mengetahui apa, kenapa dan   bagaimana melaksanakan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian maka mata   kuliah ini secara umum berisikan teori yang melandasi penelitian tindakan   kelas, manfaat penelitian tindakan kelas dalam pengembangan profesi guru dan   peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum dalam   dunia pendidikan, kelebihan dan keterbatasan penelitian tindakan kelas,   prosedur penelitian tindakan kelas, cara penulisan proposal dan pelaporan   hasil penelitian tindakan kelas.   |   |
|     GK706  |        Penelitian   Tindakan Kelas II  |   
|     Mata kuliah   ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka dapat mengaplikasikan teori PTK 1   secara langsung yang telah dipelajari pada semester sebelumnya khususnya yang   berhubungan dengan penulisan Proposal PTK dan Pelaporan hasil PTK. Dengan demikian   maka mata kuliah ini secara umum berisikan praktek penulisan proposal PTK dan   hasil penelitian tindakan kelas.   |   |
|     GK707  |        Seminar   Pendidikan  |   
|     Mata   kuliah ini membekali mahasiswa dalam penulisan makalah dengan teknik   penulisan ilmiah, mempertanggungjawabkan makalah dam forum seminar, membahas   makalah orang lain, mempersiapkan dan melaksanakan forum seminar  |   |
|     GK105  |        Aplikasi   Komputer  |   
|     Mata   kuliah ini mempelajari berbagai program komputer, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel sebagai pendukung   keterampilan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, baik tugas   mata kuliah maupun tugas akhir program.  |   |
|     GK508  |        Media   Pembelajaran Berbasis Teknologi  |   
|     Matakuliah ini memberikan bekal bagi calon guru untuk   pemanfaatan perkembangan teknologi terbaru dalam pembelajaran di Sekolah   Dasar terutama dalam pengembangan bahan ajar, pengembangan media pembelajaran   yang difokuskan kepada pencarian sumber belajar dari web site, pembuatan media pembelajaran dengan Power Point yang dipadukan dengan   animasi, audio, video dan hyperlink.  |   |
|     GK801  |        Praktik   Pengalaman Lapangan  |   
|     Sama   dengan program studi lain  |   
|     UNJ 301  |        Ilmu   Sosial dan Budaya Dasar  |   
|     Sama   dengan program studi lain  |   |
|     UNJ 302  |        Ilmu   Alamiah Dasar  |   
|     Sama   dengan program studi lain  |   
Tidak ada komentar:
Posting Komentar