DESKRIPSI MATA KULIAH S-1 PGSD GURU KELAS
FKIP UNIVERSITAS JAMBI TAHUN 2011
UNJ101 | Pendidikan Agama |
Bahwa mata kuliah agama Islam merupakan kelompok mata kuliah umum (MKU) wajib universitas, di mana materi yang diberikan berkaitan dengan upaya menjadikan ajaran Islam sebagai sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan profesi dan kepribadian Islami dan upaya membina mahasiswa yang beriman, bertakwa, berilmu dan beramal serta berakhlak mulia. | |
UNJ102 | Pendidikan Kewarganegaraan |
Sama dengan program studi lain | |
UNJ201 | Bahasa Indonesia |
Mata kuliah ini mempelajari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam penulisan karya ilmiah, seperti makalah dan skripsi | |
UNJ202 | Bahasa Inggris |
The course coded UNJ 202 is a general English lesson for false beginners. The general aim of the course is to provide university students with training in highly frequent functions and situations of English usage. The course has clearly defined and limited grammatical syllabus. New language is presented thoroughly in measured amount, and in a logical order. Vocabulary has been selected carefully to avoid overloading. There are many highly controlled practice activities which give beginners the confidence they need to proceed. There is also some simple skills work, which incorporates manageable communicative activities despite the low level. The final section of each unit is everyday English, which deals with common situations, functions and survival English. |
KIP101 | Pengantar Pendidikan |
Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya . | |
KIP102 | Perkembangan Peserta Didik |
Memahamai karakteristik anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut) | |
KIP201 | Belajar dan Pembelajaran |
Memahami cara belajar dan kesulitan belajar anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut); berkomunikasi secara efektif dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat. | |
KIP202 | Profesi Kependidikan |
Mengkaji berbagai kemampuan profesional dan cara pengembangannya secara berkelanjutan | |
GK301 | Psikologi Pendidikan |
Mata kuliah Psikologi Pendidikan merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam rumpun mata kuliah keahlian berkarya (MKB). Materi pembahasan meliputi pengertian Psikologi Pendidikan, proses pertumbuhan dan perkembangan dan hubungannya dengan proses belajar, pentingnya kesehatan rohani dalam belajar, peranan kecerdasan dan perbedaan individual, hakikat belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, prinsip-prinsip belajar, belajar cognitive, efektif dan psikomotor, transfer dalam belajar, hasil belajarnya dalam pengajaran, serta implikasinya dalam proses pembelajaran. | |
GK401 | Manajemen Kelas |
Mata kuliah manajemen kelas merupakan salah satu mata kuliah keahlian berkarya (MKB) yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip, aspek, fungsi dan masalah manajemen kelas , upaya menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan , serta menggunakan pendekatan-pendekatan dalam manajemen kelas, prosedur manajemen kelas, merancang prosedur manajemen berdasarkan kondisi dan situasi belajar-mengajar, faktor disiplin dalam pembelajaran , prinsip, tahapan dan jenis-jenis gangguan disiplin kelas dan pengelolaan kelas dengan menggunakan keterampilan mengajar. Melalui mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta menerapkan prinsip pengelolaan kelas yang menyenangkan, kondusif dan kreatif dalam proses belajar-mengajar. |
GK101 | Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia |
Mata kuliah ini berfungsi untuk meningkatkan penguasaan substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD serta keterampilan berbahasa Indonesia calon guru Sekolah Dasar. Aspek-aspek yang dipelajari meliputi hakikat bahasa dan teori pemerolehan bahasa; sejarah, kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia; dasar-dasar kaidah kebahasaan bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar; keterampilan berbahasa yang dikembangkan meliputi: menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. | |
GK201 | Peningkatan Keterampilan Bersastra Indonesia |
Mata kuliah ini berfungsi untuk meningkatkan penguasaan substansi dan metodologi keilmuan sastra dan keterampilan bersastra Indonesia calon guru Sekolah Dasar. Aspek-aspek yang dipelajari meliputi sejarah, teori, dan genre sastra Indonesia; genre sastra anak; serta keterampilan mengapresiasi karya sastra untuk anak-anak, baik secara reseptif, maupun produktif. | |
GK302 | Pendidikan Bhs. dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah |
Mata kuliah ini merupakan pendahuluan metode pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan fokus perkuliahan pada strategi pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas-kelas rendah Sekolah Dasar (kelas 1 dan 2) | |
GK402 | Pendidikan Bhs. dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi |
Mata kuliah ini mempelajari strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas-kelas tinggi Sekolah Dasar (kelas 3 s.d. 6) yang meliputi strategi meningkatkan perkembangan bahasa lisan dan tulis | |
GK501 | Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD |
Mata kuliah mengkaji model-model dan metode pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (CTL, kooperatif, inquiri, dan games, dll). | |
GK102 | Matematika Dasar 1 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang logika matematika: penalaran secara induktif dan deduktif; persamaan dan pertidaksamaan: persamaan linier dan kuadrat serta pertidaksamaan linier dan kuadrat; himpunan, relasi dan fungsi: himpunan dan jenis-jenisnya, relasi dan sifat-sifatnya, operasi himpunan dan sifat-sifatnya, persamaan garis, fungsi dan grafiknya; | |
GK202 | Matematika Dasar 2 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang Geometri dan geometri transformasi: titik, garis, bidang, sudut, transversal, kurva, simetri; permutasi, kombinasi dan peluang; pengelolaan data: penyajian data, ukuran tendensi pusat, ukuran sebaran; pemecahan masalah: masalah dalam matematika dan langkah-langkah pemecahan masalah. | |
GK303 | Pendidikan Matematika 1 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang teori-teori belajar matematika; media pembelajaran matematika: pengertian dan fungsi media, jenis-jenis media, simulasi penggunaan alat peraga; bilangan dan lambang bilangan: sistem bilangan, nilai tempat, Pembelajaran Bilangan dan Lambang Bilangan di Sekolah, basis; bilangan cacah: konsep bilangan cacah, operasi pada bilangan cacah, pembelajaran bilangan cacah di sekolah dasar; bilangan bulat: operasi pada bilangan bulat, pembelajaran bilangan bulat di sekolah dasar. | |
GK403 | Pendidikan Matematika 2 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang Bangun-bangun Datar: segitiga, segi-4, segi banyak, lingkaran, langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar; Bangun-bangun Ruang: kubus, balok, limas, prisma, tabung, kerucut, bola, langkah-langkah pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar; Faktor dan Kelipatan: konsep faktor dan kelipatan, FPB dan KPK, langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK di sekolah dasar; Pecahan, Perbandingan dan Skala: konsep pecahan, operasi pecahan, pecahan desimal dan operasinya, persen, bentuk baku, perbandingan, skala, langkah-langkah pembelajaran pecahan, perbandingan dan skala di sekolah dasar. | |
GK502 | Pendidikan Matematika 3 |
GK509 | Model Pembelajaran Matematika di SD |
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang pengertian model pembelajaran secara umum, jenis-jenis model pembelajaran, model-model pembelajaran dengan langkah-langkah dalam penerapannya: model pencapaian konsep, pertemuan kelas, investigasi kelompok, latihan laboratoris, dua tinggal dua tamu, kepala bernomor, STAD, think pair share/square, bertukar pasangan, jigsaw, PBI, example and non example, dan talking stick. | |
GK103 | Konsep Dasar Sains di Sekolah Dasar 1 |
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar sains yang terdiri dari pengukuran, panjang, luas, volume berat, suhu, bentuk-bentuk energi dan perubahannya, sifat-sifat udara, keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi tumbuhan, Materi tersebut dikonkritkan dengan pembuktian teori secara sederhana. | |
GK203 | Konsep Dasar Sains di Sekolah Dasar 2 |
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar sains yang terdiri dari klasifikasi hewan, kesehatan, gizi, klasifikasi penyakit menular, ekosistem, materi dan perubahannya. Materi tersebut dikonkretkan dengan pembuktian teori secara sederhana. | |
GK304 | Sain Terapan |
Mata kuliah ini membahas fermentasi, pembuatan obat gosok, filtrasi air, penggunaan Hidroponik, reproduksi tumbuh-tumbuhan, pengawetan dengan teknologi sederhana. | |
GK404 | Media Pembelajaran Sain di SD |
Dalam mata kuliah ini dibahas tentang hakikat media pengajaran sains, sumber belajar sains, merancang media pembelajaran sains, membuat alat media sains secara sederhana, menggunakan sumber laboratorium sains. | |
GK503 | Model Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar |
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat sains, hakikat belajar sains, berbagai pendekatan pembelajaran sains, merancang program pengajaran sains, pembelajaran terpadu, keterampilan mengajar sains, mengkaji asesmen dalam pembelajaran sains, menganalisis kurikulum sains di SD serta terlatih menerapkannya. | |
GK305 | PPKN di Sekolah Dasar 1 |
Mata kuliah ini mengkaji tentang pemahaman, pengembangan, dan pelestarian nilai-nilai, moral dan norma bangsa Indonesia dengan pemberian wawasan secara komprehensif. | |
GK405 | PPKN di Sekolah Dasar 2 |
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, fungsi, tujuan, materi dan pembelajaran PKN SD serta misi yang diemban oleh pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. | |
GK504 | Model Pembelajaran PKn di SD |
Mata kuliah ini mengkaji model-model pembelajaran yang relevan dengan PKN SD ( model pengungkapan nilai, model analisis nilai, model pengembangan kognitif moral, model tindakan sosial, model konsiderasi, inkuiri nilai dsb ) serta membantu mahasiswa mengaplikasinya dalam proses belajar mengajar pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. | |
GK104 | Konsep Dasar IPS 1 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengetahuan sosial yang bersumber dari ilmu geografi, ekonomi, sejarah, politik, hukum, psikologi sosial, sosiologi dan antropologi. | |
GK204 | Konsep Dasar IPS 2 |
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar isu-isu global dalam konsep perspektif global dari visi ilmu sosial dan ilmu terkait dalam proses pembelajar IPS SD. | |
GK306 | Pendidikan IPS di SD |
Mata kuliah ini mengkaji hakikat, isi, dan pendekatan pendidikan IPS di SD serta mahasiswa mampu menyusun persiapan mengajar untuk diaplikasikan dalam pembelajaran IPS di SD kelas rendah dan kelas tinggi. | |
GK407 | Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar |
Mata kuliah ini mengkaji model-model pembelajaran IPS SD yang relevan dengan materi pembelajaran IPS SD dan mahasiswa mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPS SD di kelas rendah dan kelas tinggi. | |
GK405 | Pendidikan Musik Sekolah Dasar |
Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur musik secara umum yang akan diterapkan dalam praktik bermain musik, baik dalam musik vokal maupun musik instrumen, sesuai dengan konsep pembelajaran seni di SD. | |
GK505 | Pendidikan Seni Gerak Tari di SD |
Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur seni gerak tari di sekolah dasar | |
GK601 | Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Anak |
Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur seni rupa dan kerajinan anak di sekolah dasar. | |
GK307 | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Mahasiswa dapat mengetahui, menjelaskan dan menerapkan hakikat, tujuan dan ruang lingkup kesehatan olahraga | |
GK506 | Olah Raga Pilihan |
Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang sejarah, tujuan dan ide bermain sepak bola,teknik dasar bermain sepak bola, dan peraturan permainan | |
GK602 | Kepramukaan |
Mata kuliah ini kmd pramuka, untuk dapat membina pramuka pada perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan rencana pendega | |
GK701 | PPPK/Palang Merah |
Mata kuliah ini membahas tentang materi, prosedur, dan pelaksanaan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) dan palang merah | |
GK603 | Tari Melayu Jambi |
Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur tari Melayu Jambi | |
GK702 | Musik Tradisional Jambi |
Mata kuliah ini membahas tentang unsur-unsur musik tradisional Jambi | |
GK703 | Pengenalan Adat Melayu Jambi |
Mata kuliah ini membahas tentang adat Melayu Jambi sebagai pengenalan dan pembelakalan dalam bermasyarakat di daerah Jambi. | |
GK704 | Pendidikan Agama di Sekolah Dasar |
Mata kuliah Pendidikan agama islam di SD merupakan kelompok mata kuliah keahlian keilmuan (MKK) yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan nilai-nilai dan praktek ritual sosial keagamaan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis ke dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat | |
GK705 | Bahasa Inggris Sekolah Dasar |
The general aim of the course is to provide primary school teacher candidates with highly frequent functions and situations of English usage in primary schools. The course contains limited grammatical syllabus. New language is presented thoroughly in measured amount, and in a logical order. Vocabulary is selected carefully to avoid overloading. There is some simple skills work, which incorporates manageable communicative activities. The final section of each unit is everyday English, which deals with common situations, functions and survival English. | |
GK604 | Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD |
Dalam mata kuliah ini mahasiswa dilatih untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar. Cakupan materi meliputi konsep-konsep dan latar belakang pembelajaran tematik, berlatih untuk membuat pemetaan kompetensi dasar, jaringan tematik, silabus tematik, rencana pelaksanaan pembelajaran tematik, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik pada kelas awal Sekolah Dasar. | |
GK507 | Bimbangan di Sekolah Dasar |
Mata kuliah Bimbingan Di Sekolah Dasar merupakan salah satu mata kuliah keahlian keilmuan (MKK) yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep latar belakang Bimbingan di SD, pola pelaksanaan bimbingan di SD, masalah siswa SD, usaha memecahkan masalah, jenis-jenis layanan bimbingan di SD serta kegiatan-kegiatan pendukung pelaksanaan bimbingan. | |
GK406 | Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar |
Mata kuliah pengembangan kurikulum sekolah dasar membahas tentang hakekat/konsep dasar pengembangan kurikulum, perkembangan kurikulum SD di Indonesia serta pengembangan kurikulum SD sesuai dengan minat murid. | |
GK606 | Evaluasi / Assesmen Pembelajaran |
Mata kuliah evaluasi dan assesmen pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah keahlian keilmuan (MKK) yang wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep evaluasi dan assasmen, pengembangan iinstrumen dan aplikasinya dalam proses belajar mengajar di SD. | |
GK605 | Statistika Dasar |
GK607 | Metodologi Penelitian |
Mata kuliah ini dipersiapkan untuk membekali mereka dengan apa, kenapa dan bagaimana melaksanakan penelitian ilmiah. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara umum berisikan teori yang melandasi penelitian ilmiah, manfaat penelitian dalam pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan kurikulum metode pembelajaran. Mata kuliah ini juga dilengkapi dengan materi tentang penulisan proposal dan pelaporan penelitian ilmiah. | |
GK 801 | Skripsi |
Mata kuliah ini membahasa perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan penelitian dengan menggunakan teknik penulisan ilmiah; mempertanggung-jawabkan usulan/rancangan/proposal penelitian dalam forum seminar dan laporan penelitian dalam sidang ujian skripsi | |
GK608 | Penelitian Tindakan Kelas I |
Mata kuliah ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka mengetahui apa, kenapa dan bagaimana melaksanakan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara umum berisikan teori yang melandasi penelitian tindakan kelas, manfaat penelitian tindakan kelas dalam pengembangan profesi guru dan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pengembangan kurikulum dalam dunia pendidikan, kelebihan dan keterbatasan penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian tindakan kelas, cara penulisan proposal dan pelaporan hasil penelitian tindakan kelas. | |
GK706 | Penelitian Tindakan Kelas II |
Mata kuliah ini dipersiapkan bagi mahasiswa agar mereka dapat mengaplikasikan teori PTK 1 secara langsung yang telah dipelajari pada semester sebelumnya khususnya yang berhubungan dengan penulisan Proposal PTK dan Pelaporan hasil PTK. Dengan demikian maka mata kuliah ini secara umum berisikan praktek penulisan proposal PTK dan hasil penelitian tindakan kelas. | |
GK707 | Seminar Pendidikan |
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam penulisan makalah dengan teknik penulisan ilmiah, mempertanggungjawabkan makalah dam forum seminar, membahas makalah orang lain, mempersiapkan dan melaksanakan forum seminar | |
GK105 | Aplikasi Komputer |
Mata kuliah ini mempelajari berbagai program komputer, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel sebagai pendukung keterampilan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, baik tugas mata kuliah maupun tugas akhir program. | |
GK508 | Media Pembelajaran Berbasis Teknologi |
Matakuliah ini memberikan bekal bagi calon guru untuk pemanfaatan perkembangan teknologi terbaru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar terutama dalam pengembangan bahan ajar, pengembangan media pembelajaran yang difokuskan kepada pencarian sumber belajar dari web site, pembuatan media pembelajaran dengan Power Point yang dipadukan dengan animasi, audio, video dan hyperlink. | |
GK801 | Praktik Pengalaman Lapangan |
Sama dengan program studi lain |
UNJ 301 | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
Sama dengan program studi lain | |
UNJ 302 | Ilmu Alamiah Dasar |
Sama dengan program studi lain |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar