KELOMPOK MK IPA
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah                            : Konsep Dasar Sains di Sekolah Dasar 1
Kode Mata Kuliah                  : GSD 103
Jumlah SKS                            : 2 SKS
Deskripsi Mata Kuliah            :
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar sains yang terdiri dari pengukuran, panjang, luas, volume berat, suhu, bentuk-bentuk energi dan perubahannya, sifat-sifat udara, keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi tumbuhan, klasifikasi hewan, kesehatan, gizi, klasifikasi penyakit menular, ekosistem, materi dan perubahannya. Materi tersebut dikonkritkan dengan pembuktian teori secara sederhana.
Kompetensi Prasyarat             :
Standar Kompetensi               :
- Pengukuran
 - Energi dan Perubahannya
 - Materi dan Perubahannya
 - Udara
 - Keanekaragaman Makhluk Hidup
 - Ekosistem
 - Tubuh Manusia dan Gizi
 
No.  |    Kompetensi Dasar  |    Indikator  |    Materi Pokok  |    Alokasi Waktu  |    Sumber  |   ||
Teori  |    Praktik  |    Lapangan  |    |||||
1.  |    Dapat memahami hakikat   pengukuran beserta aspek-aspek yang diperlukan dalam pengukuran  |    Pengukuran 
  |    |||||
2.  |    Dapat memahami hakikat   energi, bentuk-bentuk energi dan perubahan energi  |    Energi dan Perubahannya 
  |    |||||
3.  |    Dapat memahami konsep   materi dan perubahannya serta unsur atau komponen pembentuk materi   |    Materi dan Perubahannya 
  |    |||||
4.  |    Dapat memahami konsep   udara, sifat-sifat udara dan kegunaannya secara umum  |    Udara dan   Sifat-sifatnya 
  |    |||||
5.  |    Keanekaragaman Makhluk   Hidup 
  |    ||||||
6.  |    Ekosistem 
  |    ||||||
7.  |    Tubuh Manusia dan Gizi 
  |    ||||||
Prabowo, S.K.H., 2001, Konsep-Konsep Dasar IPA, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata  Kuliah                       : Model Pembelajaran Sains di SD
Kode Mata Kuliah               : GK-503
SKS                                     :  2
Deskripsi Mata Kuliah        :  Model-model dan metode pembelajaran (CTL, kooperatif, inquiri,  dan games, dll).
Kompetensi Prasyarat          : -
Stantar Kompetensi              : Mahasiswa menerapkan model pembelajaran CTL. Kooperatif, Inquiri, dan games.          
|     No.  |           Kompetensi Dasar  |                          Indikator  |        Materi Pokok  |                   Alokasi     Waktu  |                        Sumber  |   ||
|     Teori  |        Praktek  |        Lapangan  |   |||||
|      1.  |        Menerapkan CTL  |        1.       Menjelaskan pengertian CTL 2.       Mendeskripsikan tuntutan CTL 3.       Menyimpulkan komponen CTL  |       
  |             50  |        |               50  |        Lie,   A.2002 . Cooperatif     Learning mempraktekkan kooperatif   learning.di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.  Nurhadi.. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan   dan Jawaban. Jakarta: . Tim   Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia.  |   
|        2.  |        Menerapkan CTL  |        4.       Mempraktekkan CTL 5.       Menyimpulkan ciri kelas   yang menerapkan CTL  |        4. Cara          mempraktekkan        CTL. 5. Ciri kelas yang      menerapkan CTL  |            50  |        |             50  |                          SDA  |   
|        3.  |        Menguasai model Kooperatif  |       
  |       
  |             50  |        |          50  |                      SDA  |   
|        4.  |        Mempraktekkan STAD  |       
  |       
  |             50  |        |            50  |                       SDA  |   
|         5,  |        Mempraktekkan   Jigsaw  |       
         3.   Menerapkan Jigsaw  |       
  |             50  |        |             50  |                      SDA  |   
|         6,  |        Menerpkan Model Group Investagation  |               1. Menguraika pengertian   Jigsaw. 2. menjelaskan    langkah-langkah       GI         3.   Menerapkan GI  |       
  |             50  |        |             50  |                       SDA  |   
|         7.  |        Menerapkan Model Struktural  |               1. Menguraika   pengertian                 Struktural. 2. menjelaskan    langkah-langkah         Struktural         3.   Menerapkan Struktural  |        1. Pengertian struktural. 2. langkah-langkah       struktural 3.  Cara menerapkan       struktural..  |              50  |        |              50  |                         SDA  |   
|     8.  |        Menerapkan Model Inkuiri  |       
  |       
 Inkuiri 
       Inkuiri.  |             50  |        |             50  |                        SDA  |   
|     9.  |        Menerapkan Model Inkuiri  |        1. Menghubungkan inkuiri dengan      berpikir kritis. 2. Menyimpulkan keunggulan inkuiri  |        1. Hubungan inkuiri       dengan berpikir kritis. 2. Keunggulan inkuiri. 3. Kelemahan inkuiri  |              50  |        |              50  |                        SDA  |   
|     10  |        Menerapkan Pembelajaran kreatif dan produktif  |       
  |       
  |             50  |        |              50  |                     SDA  |   
|     11.  |        Menerapkan konstruktivisme  |       
  |       
  |              50  |        |              50  |        Pannen dkk.2005. Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Pusat   antaruniversitas. Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP  |   
|     12  |        Menerapkan Konstruktivisme  |       
                konstruktivisme terhadap                  Pembelajaran.        2..    Penerapan konstruktivisme.  |        1. Pengaruh       konstruktivisme       terhadap        pembelajaran.  2. Cara menerapkan  konstruktivisme.  |            50  |        |             50  |                       SDA  |   
|     13  |        Penerapan model   games  |        1, Menjelaskan pengertian games. 2. Menguraikan keunggulan games.  |       
  |           50  |        |              50  |                     SDA  |   
|     14  |        Penerapan model   games  |        3.Menguraikan jenis-jenis games 4. Menerapkan games  |       
  |           50  |        |              50  |                     SDA  |   
Tidak ada komentar:
Posting Komentar