KELOMPOK MK IPA
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : Konsep Dasar Sains di Sekolah Dasar 1
Kode Mata Kuliah : GSD 103
Jumlah SKS : 2 SKS
Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar sains yang terdiri dari pengukuran, panjang, luas, volume berat, suhu, bentuk-bentuk energi dan perubahannya, sifat-sifat udara, keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi tumbuhan, klasifikasi hewan, kesehatan, gizi, klasifikasi penyakit menular, ekosistem, materi dan perubahannya. Materi tersebut dikonkritkan dengan pembuktian teori secara sederhana.
Kompetensi Prasyarat :
Standar Kompetensi :
- Pengukuran
- Energi dan Perubahannya
- Materi dan Perubahannya
- Udara
- Keanekaragaman Makhluk Hidup
- Ekosistem
- Tubuh Manusia dan Gizi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Alokasi Waktu | Sumber | ||
Teori | Praktik | Lapangan | |||||
1. | Dapat memahami hakikat pengukuran beserta aspek-aspek yang diperlukan dalam pengukuran | Pengukuran
| |||||
2. | Dapat memahami hakikat energi, bentuk-bentuk energi dan perubahan energi | Energi dan Perubahannya
| |||||
3. | Dapat memahami konsep materi dan perubahannya serta unsur atau komponen pembentuk materi | Materi dan Perubahannya
| |||||
4. | Dapat memahami konsep udara, sifat-sifat udara dan kegunaannya secara umum | Udara dan Sifat-sifatnya
| |||||
5. | Keanekaragaman Makhluk Hidup
| ||||||
6. | Ekosistem
| ||||||
7. | Tubuh Manusia dan Gizi
| ||||||
Prabowo, S.K.H., 2001, Konsep-Konsep Dasar IPA, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Mata Kuliah : Model Pembelajaran Sains di SD
Kode Mata Kuliah : GK-503
SKS : 2
Deskripsi Mata Kuliah : Model-model dan metode pembelajaran (CTL, kooperatif, inquiri, dan games, dll).
Kompetensi Prasyarat : -
Stantar Kompetensi : Mahasiswa menerapkan model pembelajaran CTL. Kooperatif, Inquiri, dan games.
No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Alokasi Waktu | Sumber | ||
Teori | Praktek | Lapangan | |||||
1. | Menerapkan CTL | 1. Menjelaskan pengertian CTL 2. Mendeskripsikan tuntutan CTL 3. Menyimpulkan komponen CTL |
| 50 | | 50 | Lie, A.2002 . Cooperatif Learning mempraktekkan kooperatif learning.di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia. Nurhadi.. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: . Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia. |
2. | Menerapkan CTL | 4. Mempraktekkan CTL 5. Menyimpulkan ciri kelas yang menerapkan CTL | 4. Cara mempraktekkan CTL. 5. Ciri kelas yang menerapkan CTL | 50 | | 50 | SDA |
3. | Menguasai model Kooperatif |
|
| 50 | | 50 | SDA |
4. | Mempraktekkan STAD |
|
| 50 | | 50 | SDA |
5, | Mempraktekkan Jigsaw |
3. Menerapkan Jigsaw |
| 50 | | 50 | SDA |
6, | Menerpkan Model Group Investagation | 1. Menguraika pengertian Jigsaw. 2. menjelaskan langkah-langkah GI 3. Menerapkan GI |
| 50 | | 50 | SDA |
7. | Menerapkan Model Struktural | 1. Menguraika pengertian Struktural. 2. menjelaskan langkah-langkah Struktural 3. Menerapkan Struktural | 1. Pengertian struktural. 2. langkah-langkah struktural 3. Cara menerapkan struktural.. | 50 | | 50 | SDA |
8. | Menerapkan Model Inkuiri |
|
Inkuiri
Inkuiri. | 50 | | 50 | SDA |
9. | Menerapkan Model Inkuiri | 1. Menghubungkan inkuiri dengan berpikir kritis. 2. Menyimpulkan keunggulan inkuiri | 1. Hubungan inkuiri dengan berpikir kritis. 2. Keunggulan inkuiri. 3. Kelemahan inkuiri | 50 | | 50 | SDA |
10 | Menerapkan Pembelajaran kreatif dan produktif |
|
| 50 | | 50 | SDA |
11. | Menerapkan konstruktivisme |
|
| 50 | | 50 | Pannen dkk.2005. Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Pusat antaruniversitas. Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP |
12 | Menerapkan Konstruktivisme |
konstruktivisme terhadap Pembelajaran. 2.. Penerapan konstruktivisme. | 1. Pengaruh konstruktivisme terhadap pembelajaran. 2. Cara menerapkan konstruktivisme. | 50 | | 50 | SDA |
13 | Penerapan model games | 1, Menjelaskan pengertian games. 2. Menguraikan keunggulan games. |
| 50 | | 50 | SDA |
14 | Penerapan model games | 3.Menguraikan jenis-jenis games 4. Menerapkan games |
| 50 | | 50 | SDA |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar