Senin, 04 Juli 2011

Silabus PGSD Kelompok MK IPA

KELOMPOK MK IPA

SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata Kuliah                            : Konsep Dasar Sains di Sekolah Dasar 1
Kode Mata Kuliah                  : GSD 103
Jumlah SKS                            : 2 SKS
Deskripsi Mata Kuliah            :
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar sains yang terdiri dari pengukuran, panjang, luas, volume berat, suhu, bentuk-bentuk energi dan perubahannya, sifat-sifat udara, keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi tumbuhan, klasifikasi hewan, kesehatan, gizi, klasifikasi penyakit menular, ekosistem, materi dan perubahannya. Materi tersebut dikonkritkan dengan pembuktian teori secara sederhana.

Kompetensi Prasyarat             :
Standar Kompetensi               :
  1. Pengukuran
  2. Energi dan Perubahannya
  3. Materi dan Perubahannya
  4. Udara
  5. Keanekaragaman Makhluk Hidup
  6. Ekosistem
  7. Tubuh Manusia dan Gizi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Sumber
Teori
Praktik
Lapangan

1.
Dapat memahami hakikat pengukuran beserta aspek-aspek yang diperlukan dalam pengukuran

Pengukuran
  1. Besaran Pokok dan Besaran Turunan
  2. Satuan Pengukuran
  3. Pengukuran
  4. Ketelitian Alat Ukur
  5. Kecermatan Pengukuran
  6.  




2.
Dapat memahami hakikat energi, bentuk-bentuk energi dan perubahan energi

Energi dan Perubahannya
  1. Pengertian energi
  2. Sumber – sumber energi
  3. Bentuk-bentuk energi
  4. Perubahan energi




3.
Dapat memahami konsep materi dan perubahannya serta unsur atau komponen pembentuk materi

Materi dan Perubahannya
  1. Sifat Materi
  2. Perubahan Materi
  3. Unsur
  4. Molekul
  5. Senyawa dan Campuran
  6. Ikatan Kimia
  7. Klasifikasi Fisis
  8.  





4.
Dapat memahami konsep udara, sifat-sifat udara dan kegunaannya secara umum

Udara dan Sifat-sifatnya
  1. Komposisi Udara
  2. Sifat-sifat Udara
  3. Manfaat Udara




5.


Keanekaragaman Makhluk Hidup
  1. Ciri-ciri makhluk hidup
  2.  




6.


Ekosistem
  1. Populasi
  2. Ekosistem
  3.  




7.


Tubuh Manusia dan Gizi
  1. Struktur Manusia
  2. Sistem Rangka dan Otot
  3. Sistem Pencernaan Makanan
  4. Sistem Sirkulasi
  5. Sistem Respirasi
  6. Sistem Ekskresi
  7. Sistem Saraf
  8. Alat Indra
  9. Reproduksi
  10. Makanan dan Gizi
  11. Kesehatan dan Penyakit













Prabowo, S.K.H., 2001, Konsep-Konsep Dasar IPA, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
                                                     


SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata  Kuliah                       : Model Pembelajaran Sains di SD
Kode Mata Kuliah               : GK-503
SKS                                     :  2
Deskripsi Mata Kuliah        :  Model-model dan metode pembelajaran (CTL, kooperatif, inquiri,  dan games, dll).
Kompetensi Prasyarat          : -
Stantar Kompetensi              : Mahasiswa menerapkan model pembelajaran CTL. Kooperatif, Inquiri, dan games.         

No.
   Kompetensi Dasar
                  Indikator
Materi
Pokok
           Alokasi   Waktu
                Sumber
Teori
Praktek
Lapangan
 1.
Menerapkan CTL

1.       Menjelaskan pengertian CTL
2.       Mendeskripsikan tuntutan CTL
3.       Menyimpulkan komponen CTL
  1. Pengertian CTL
  2. Tuntutan CTL
  3. Komponen CTL
  4. Kelas yang menerapkan CTL Pengertian  CTL

     50

       50
Lie, A.2002 . Cooperatif  
 Learning mempraktekkan kooperatif learning.di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.

 Nurhadi.. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta:

. Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia.

   2.
Menerapkan CTL
4.       Mempraktekkan CTL
5.       Menyimpulkan ciri kelas yang menerapkan CTL

4. Cara   
     mempraktekkan
      CTL.
5. Ciri kelas yang
    menerapkan CTL
    50

     50
                  SDA
   3.
Menguasai model Kooperatif
  1. Menjelaskan pengertian kooperatif
  2. Membedakan kooperatif dengan pembelajaran tradisional`1
  1. Pengertian kooperatif.
  2. Perbedaan koopertif dengan tradisional
     50

  50
              SDA
   4.
Mempraktekkan STAD


  1. Menguraika pengertian STAD
  2. menjelaskan  langkah-langkah STAD
  3. Menerapkan STAD
  1. Pengertian STAD.
  2. Langkah-langkah STAD
  3. keuntungan positif. 
     50

    50
               SDA
    5,
Mempraktekkan Jigsaw
  1. Menguraika pengertian Jigsaw
  2. menjelaskan  langkah-langkah Jiksaw
        3.   Menerapkan Jigsaw

  1. Pengertian jigsaw
  2. langkah-langkah Jigsaw
     50

     50
              SDA
    6,
Menerpkan Model Group Investagation
       1. Menguraika pengertian Jigsaw.
2. menjelaskan  langkah-langkah
     GI
        3.   Menerapkan GI

  1. Pengertian GI
  2. Langkah-langkah GI
  3. Cara menerapkan GI
     50

     50
               SDA
    7.
Menerapkan Model Struktural
       1. Menguraika pengertian   
            Struktural.
2. menjelaskan  langkah-langkah
     Struktural
        3.   Menerapkan Struktural

1. Pengertian struktural.
2. langkah-langkah
     struktural
3.  Cara menerapkan
     struktural..
      50

      50
                 SDA
8.
Menerapkan Model Inkuiri
   
  1. Menjelaskan pengertian Inkuiri.
  2. Menguraikan siklus inkuiri
  1. Pengertian   
Inkuiri
  1. Siklus
      Inkuiri.
     50

     50
                SDA
9.
Menerapkan Model
Inkuiri
1. Menghubungkan inkuiri dengan
    berpikir kritis.
2. Menyimpulkan keunggulan inkuiri
1. Hubungan inkuiri  
   dengan berpikir kritis.
2. Keunggulan inkuiri.
3. Kelemahan inkuiri

      50

      50
                SDA
10
Menerapkan Pembelajaran kreatif dan produktif
  1. Menjelaskan pembelajaran kreatif dan produktif.
  2. Menguraikan landasan pengembangan, tujuan, materi dan kegiatan belajar.
  3. Menerapkan pembelajaran kreatif dan produktif.
  1. Pembelajaran kreatif dan produktif.
  2. Landasan pengembangan, tujuan, materi dan kegiatan pembelajaran
     50

      50
             SDA
11.

Menerapkan konstruktivisme
  1. Menjelaskan pengertian konstruktivisme.
  2. Menguraikan prosedur konstruktivisme.
  1. Pengertian konstruktivisme.
  2. Prosedur konstruktivisme.
      50

      50
Pannen dkk.2005. Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Pusat antaruniversitas.

Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP
12
Menerapkan Konstruktivisme
  1. Menguraian pengaruh
               konstruktivisme terhadap 
               Pembelajaran.
       2..    Penerapan konstruktivisme.
1. Pengaruh
     konstruktivisme
     terhadap
      pembelajaran.
 2. Cara menerapkan
konstruktivisme.
    50

     50
               SDA
13
Penerapan model games
1, Menjelaskan pengertian games.
2. Menguraikan keunggulan games.

  1. Pengertian games.
  2. Keunggulan games.
  3. Kelemahan games
   50

      50
             SDA
14
Penerapan model games
3.Menguraikan jenis-jenis games
4. Menerapkan games
  1. Jenis-jenis games
   50

      50
             SDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar