Selasa, 05 Juli 2011

Visi, Misi, dan Kualifikasi Lulusan

Visi, Misi, dan Kualifikasi Lulusan PGSD FKIP Universitas Jambi

1. Visi Program Studi S-1 PGSD
Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Jambi memiliki visi:
“Menjadikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi penghasil dan pengembang tenaga pendidik Sekolah Dasar yang beretika, cerdas, kompetitif, dan profesional”.

2. Misi Program Studi S-1 PGSD
a)   Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik Sekolah Dasar yang memiliki kompetensi pendidik sesuai Standar Nasional Pendidikan.
b)   Melaksanakan penelitian inovatif yang mendukung pelaksanaan pendidikan bermutu di Sekolah Dasar.
c)   Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam bidang kependidikan Sekolah Dasar serta bidang lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
d)  Meningkatkan Standar Mutu Akademik Nasional menuju Standar Internasional.
 
3. Kualifikasi Lulusan yang Diharapkan

Kualifikasi kompetensi lulusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah dasar yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
a.    Memiliki pengetahuan dasar lima bidang studi pokok Sekolah Dasar (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika).
b.   Memiliki kemampuan/keterampilan dalam bidang pembelajaran lima bidang studi pokok Sekolah Dasar (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika).
c.  Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bidang studi dan kependidikan melalui penelitian yang berkelanjutan dan menyusun laporannya dalam format keilmiahan
d.  Memiliki keahlian dalam menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler Sekolah Dasar
e.        Memiliki keahlian dalam aplikasi komputer pada sistem monitoring dalam proses pendidikan.
f.          Memiliki kemampuan dalam seni dan budaya Jambi.

Senin, 04 Juli 2011

Silabus PGSD Kelompok MK Matematika


SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata Kuliah                : Matematika Dasar
Kode Mata Kuliah      : GK-102
Sks                              : 3
Deskripsi Mata Kuliah:  Mata kuliah ini mengkaji tentang logika matematika: penalaran secara induktif dan deduktif; persamaan dan pertidaksamaan: persamaan linier dan kuadrat serta pertidaksamaan linier dan kuadrat; himpunan, relasi dan fungsi: himpunan dan jenis-jenisnya, relasi dan sifat-sifatnya, operasi himpunan dan sifat-sifatnya, persamaan garis, fungsi dan grafiknya; Geometri dan geometri transformasi: titik, garis, bidang, sudut, transversal, kurva, simetri; permutasi, kombinasi dan peluang; pengelolaan data: penyajian data, ukuran tendensi pusat, ukuran sebaran; pemecahan masalah: masalah dalam matematika dan langkah-langkah pemecahan masalah.
Kompetensi Prasyarat : 1.                                                                                      
                                       2.
Standar Kompetensi   :  Memecahkan masalah tentang konsep-konsep dasar matematika sebagai bekal dalam mengajarkan matematika di sekolah dasar.

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEORI
PRAKTIK
LAPANGAN

1.1  Menggunakan Logika Matematika dalam memecahkan masalah matematika.


·     Menggunakan penalaran secara induktif atau deduktif dalam memecahkan masalah matematika

·     Menyelesaikan masalah-masalah matematika dengan menggunakan logika deduktif.

Logika Matematika :
  • Penalaran secara induktif
  • Penalaran secara deduktif
6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.2  Menyelesaikan soal-soal tentang persamaan dan pertidaksamaan

·     Menyelesaikan soal-soal matematika tentang persamaan linear.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika tentang pertidaksamaan linear.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika tentang persamaan Kuadrat.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika tentang pertidaksamaan kuadrat.

Persamaan dan Pertidaksamaan :
  • Persamaan Linear
  • Pertidaksamaan Linear
  • Persamaan Kuadrat
  • Pertidaksamaan Kuadrat

6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.3  Menyelesaikan soal-soal tentang himpunan, relasi dan fungsi









·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang himpunan.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang relasi dan sifat-sifatnya

·     Menentukan persmaan garis.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang fungsi dan grafiknya

Himpunan, relasi dan fungsi :
  • Himpunan dan jenis-jenisnya
  • Relasi dan sifat-sifatnya
  • Operasi Himpunan dan sifat-sifatnya
  • Persamaan Garis
  • Fungsi dan Grafik Fungsi

6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.4  Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang geometri dan geometri transformasi.

·     Menjelaskan konsep-konsep dasar geometri.

·     Menjelaskan konsep-komsep dasar geometri transformasi.


Geometri dan Geometri Transformasi :
  • Titik, garis dan bidang.
  • Sudut
  • Tranversal
  • Kurva
  • Simetri

6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.5  Menjelaskan masalah-masalah sederhana tentang permutasi, kombinasi, dan peluang.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang permutasi.

·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang kombinasi

·     Menyelesaikan soal-soal matematika sederhana tentang peluang


  • Permutasi
  • Kombinasi
  • Peluang
6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.6  Menyelesaikan masalah-masalah tentang pengolahan data.

·     Menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik.

·     Menentukan ukuran tendensi pusat dan sebaran suatu data.
Pengelolaan Data :
  • Penyajian Data
  • Ukuran Tendensi Pusat
  • Ukuran Sebaran
6 x 50’


Diktat Matematika Dasar

1.7  Menggunakan teknis pemecahan masalah dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika.

·     Menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika

Pemecahan Masalah :
  • Masalah Dalam Matematika
  • Langkah-langkah pemecahan masalah


6 x 50’


Diktat Matematika Dasar


SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata Kuliah                : PENDIDIKAN MATEMATIKA DI KELAS RENDAH
Kode Mata Kuliah      : GK-303
Sks                              : 3
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mengkaji tentang teori-teori belajar matematika; media pembelajaran matematika: pengertian dan fungsi media,jenis-jenis media, simulasi penggunaan alat peraga; bilangan dan lambang bilangan: sistem bilangan, nilai tempat, Pembelajaran Bilangan dan Lambang Bilangan di Sekolah, basis; bilangan cacah: konsep bilangan cacah, operasi pada bilangan cacah, pembelajaran bilangan cacah di sekolah dasar; bilangan bulat: operasi pada bilangan bulat, pembelajaran bilangan bulat di sekolah dasar.
Kompetensi Prasyarat : 1.                                                                                
                                      2.
Standar Kompetensi   : menerapkan teori-teori belajar dan menggunakan media sederhana dalam pembelaaran matematika di
sekolah dasar serta menjelaskan cara pembelajaran bilangan.


NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEORI
PRAKTIK
LAPANGAN
1
1.1  Menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

·   Membedakan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika disekolah dasar
·   Menerapkan teori-teori belajar dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Teori-Teori Belajar :
·   Teori-teori belajar matematika


3 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika I
2
1.2  Menggunakan media sederhana dalam pemebelajaran matematika di sekolah dasar
·   Mengenal beberapa media sederhana dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
·   Menggunakan media sederhana dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Media Pembelajaran Matematika :
·   Pengertian dan fungsi media
·   Jenis-jenis media
·   Simulasi penggunaan alat peraga
6 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika I
3
1.3  Membedakan bilangan dan lambang-lambang bilangannya.
·   Mengenal bebersapa sistem bilangan
·   Melambangkan bilangan dalam sistem bilangan
·   Merubah bilangan basis-10 kedalam basis lainnya dan sebaliknya
Bilangan dan Lambang Bilangan :
·   Sistem Bilangan
·   Nilai Tempat
·   Pembelajaran Bilangan dan Lambang Bilangan di Sekolah Dasar
·   Basis

6 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika I
4
1.4  Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan Cacah dan cara pembelajar-annya di sekolah dasar
·   Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan cacah
·   Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran bilangan Cacah di sekolah dasar.
Bilangan Cacah :
·   Konsep Bilangan Cacah
·   Operasi Pada Bilangan Cacah
·   Pembelajaran Bilangan Cacah di sekolah dasar.


6 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika I
5
1.5  Menjelaskan sifat-sifat operasi bilnagan Bulat dan cara pembelajar-annya di sekolah dasar
·   Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan Bulat
·   Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran bilangan Bulat di sekolah dasar.
Bilangan Bulat :
·   Konsep Bilangan Bulat
·   Operasi Pada Bilangan Bulat
·   Pembelajaran Bilangan Bulat di sekolah dasar.


6 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika I








SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata Kuliah                : PENDIDIKAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI
Kode Mata Kuliah      : GK-403
Sks                              : 3
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep tentang Bangun-bangun Datar: segitiga, segi-4, segi banyak, lingkaran, langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar; Bangun-bangun Ruang: kubus, balok, limas, prisma, tabung, kerucut, bola, langkah-langkah pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar; Faktor dan Kelipatan: konsep faktor dan kelipatan, FPB dan KPK, langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK di sekolah dasar; Pecahan, Perbandingan dan Skala: konsep pecahan, operasi pecahan, pecahan desimal dan operasinya, persen, bentuk baku, perbandingan, skala, langkah-langkah pembelajaran pecahan, perbandingan dan skala di sekolah dasar.
Kompetensi Prasyarat:  Pendidikan Matematika di Kelas Rendah
                                     
Standar Kompetensi   : menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar; bangun-bangun ruang;  faktor dan kelipatan;  pecahan, perbandingan dan skala; serta pembelajarannya di sekolah dasar .


NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TEORI
PRAKTIK
LAPANGAN
1
1.6  Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar dan cara pembelajarannya di sekolah dasar.

·   Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun datar
·   Menjelaskan cara pembelajaran bangun-bangun datar di sekolah dasar

Bangun-bangun Datar:
·   Segitiga
·   Segi-4
·   Segi Banyak
·   Lingkaran
·   Langkah-langkah pembelajaran bangun datar di sekolah dasar


6 x 50’
6 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika II
2
1.7  Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun ruang dan cara pembelajarannya di sekolah dasar.
·   Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang bangun-bangun ruang
·   Menjelaskan cara pembelajaran bangun-bangun ruang di sekolah dasar

Bangun-bangun Ruang :
·   Kubus
·   Balok
·   Limas
·   Prisma
·   Tabung
·   Kerucut
·   Bola
·   Langkah-langkah pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar

6 x 50’
6 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika II
3
1.8  Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang faktor dan kelipatan serta cara pembelajarannya di sekolah dasar.
·   Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang faktor dan kelipatan
·   Menentukan FPB dan KPK dari beberapa bilangan
·   Menjelaskan cara pembelajaran faktor dan kelipatan di sekolah dasar
Fantor dan Kelipatan :
·   Konsep Faktor dan Kelipatan
·   FPB dan KPK
·   Langkah-langkah pembelajaran FPB dan KPK di sekolah dasar


6 x 50’
3 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika II
4
1.9  Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang pecahan, perbandingan dan skala serta cara pembelajarannya di sekolah dasar.
·   Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang Pecahan dan operasinya
·   Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran Pecahan di sekolah dasar
·   Menjelaskan konsep-konsep dasar tentang perbandingan dan skala
·   Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran perbandingan dan skala di sekolah dasar
Pecahan, Perbandingan dan Skala:
·   Konsep Pecahan
·   Operasi Pecahan
·   Pecahan Desimal dan operasinya
·   Persen
·   Bentuk Baku
·   Perbandingan
·   Skala
·   Langkah-langkah pembelajaran Pecahan, Perbandingan dan Skala di sekolah dasar



6 x 50’
6 x 50’

Diktat Pendidikan Matematika II

   

SILABUS MATA KULIAH S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Mata  Kuliah                       : Model Pembelajaran Matematika di SD
Kode Mata Kuliah               : GK-502
SKS                                     :  2
Deskripsi Mata Kuliah        :  Model-model dan metode pembelajaran (CTL, kooperatif, inquiri,  dan games, dll).
Kompetensi Prasyarat          : -
Stantar Kompetensi              : Mahasiswa menerapkan model pembelajaran CTL. Kooperatif, Inquiri, dan games.         

No.
   Kompetensi Dasar
                  Indikator
Materi
Pokok
           Alokasi   Waktu
                Sumber
Teori
Praktek
Lapangan
 1.
Menerapkan CTL

1.       Menjelaskan pengertian CTL
2.       Mendeskripsikan tuntutan CTL
3.       Menyimpulkan komponen CTL
  1. Pengertian CTL
  2. Tuntutan CTL
  3. Komponen CTL
  4. Kelas yang menerapkan CTL Pengertian  CTL

     50

       50
Lie, A.2002 . Cooperatif  
 Learning mempraktekkan kooperatif learning.di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Gramedia.

 Nurhadi.. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta:

. Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia.

   2.
Menerapkan CTL
4.       Mempraktekkan CTL
5.       Menyimpulkan ciri kelas yang menerapkan CTL

4. Cara   
     mempraktekkan
      CTL.
5. Ciri kelas yang
    menerapkan CTL
    50

     50
                  SDA
   3.
Menguasai model Kooperatif
  1. Menjelaskan pengertian kooperatif
  2. Membedakan kooperatif dengan pembelajaran tradisional`1
  1. Pengertian kooperatif.
  2. Perbedaan koopertif dengan tradisional
     50

  50
              SDA
   4.
Mempraktekkan STAD


  1. Menguraika pengertian STAD
  2. menjelaskan  langkah-langkah STAD
  3. Menerapkan STAD
  1. Pengertian STAD.
  2. Langkah-langkah STAD
  3. keuntungan positif. 
     50

    50
               SDA
    5,
Mempraktekkan Jigsaw
  1. Menguraika pengertian Jigsaw
  2. menjelaskan  langkah-langkah Jiksaw
        3.   Menerapkan Jigsaw

  1. Pengertian jigsaw
  2. langkah-langkah Jigsaw
     50

     50
              SDA
    6,
Menerpkan Model Group Investagation
       1. Menguraika pengertian Jigsaw.
2. menjelaskan  langkah-langkah
     GI
        3.   Menerapkan GI

  1. Pengertian GI
  2. Langkah-langkah GI
  3. Cara menerapkan GI
     50

     50
               SDA
    7.
Menerapkan Model Struktural
       1. Menguraika pengertian   
            Struktural.
2. menjelaskan  langkah-langkah
     Struktural
        3.   Menerapkan Struktural

1. Pengertian struktural.
2. langkah-langkah
     struktural
3.  Cara menerapkan
     struktural..
      50

      50
                 SDA
8.
Menerapkan Model Inkuiri
   
  1. Menjelaskan pengertian Inkuiri.
  2. Menguraikan siklus inkuiri
  1. Pengertian   
Inkuiri
  1. Siklus
      Inkuiri.
     50

     50
                SDA
9.
Menerapkan Model
Inkuiri
1. Menghubungkan inkuiri dengan
    berpikir kritis.
2. Menyimpulkan keunggulan inkuiri
1. Hubungan inkuiri  
   dengan berpikir kritis.
2. Keunggulan inkuiri.
3. Kelemahan inkuiri

      50

      50
                SDA
10
Menerapkan Pembelajaran kreatif dan produktif
  1. Menjelaskan pembelajaran kreatif dan produktif.
  2. Menguraikan landasan pengembangan, tujuan, materi dan kegiatan belajar.
  3. Menerapkan pembelajaran kreatif dan produktif.
  1. Pembelajaran kreatif dan produktif.
  2. Landasan pengembangan, tujuan, materi dan kegiatan pembelajaran
     50

      50
             SDA
11.

Menerapkan konstruktivisme
  1. Menjelaskan pengertian konstruktivisme.
  2. Menguraikan prosedur konstruktivisme.
  1. Pengertian konstruktivisme.
  2. Prosedur konstruktivisme.
      50

      50
Pannen dkk.2005. Konstruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Pusat antaruniversitas.

Tim Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP
12
Menerapkan Konstruktivisme
  1. Menguraian pengaruh
               konstruktivisme terhadap 
               Pembelajaran.
       2..    Penerapan konstruktivisme.
1. Pengaruh
     konstruktivisme
     terhadap
      pembelajaran.
 2. Cara menerapkan
konstruktivisme.
    50

     50
               SDA
13
Penerapan model games
1, Menjelaskan pengertian games.
2. Menguraikan keunggulan games.

  1. Pengertian games.
  2. Keunggulan games.
  3. Kelemahan games
   50

      50
             SDA
14
Penerapan model games
3.Menguraikan jenis-jenis games
4. Menerapkan games
  1. Jenis-jenis games
   50

      50
             SDA